Senin, 29 November 2010

Model dan Simulasi

1. Pengertian / Definisi Model
Apa itu model? model adalah pertanyaan mendasar dalam upaya penegasan pengertian model.
Sesungguhnya pengertian model yang digunakan dalam konteks ini tidak berbeda jauh dari
pengertian sehari-hari yaitu contoh yaitu sesuatu yang mewakili atau menggambarkan yang
dicontoh. Jadi model adalah contoh sederhana dari sistem dan menyerupai sifat-sifat
sistem yang dipertimbangkan, tetapi tidak sama dengan sistem. Penyederhanaan dari sistem
sangat penting agar dapat dipelajari secara seksama. Model dikembangkan dengan tujuan
untuk studi tingkah-laku sistem melalui analisis rinci akan komponen atau unsur dan proses
utama yang menyusun sistem dan interaksinya antara satu dengan yang lain. Jadi
pengembangan model adalah suatu pendekatan yang tersedia untuk mendapatkan
pengetahuan yang layak akan sistem.

Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau
dihasilkan (Departemen P dan K, 1984:75).
Definisi lain dari model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat prosentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan sebenarnya (Simamarta, 1983: ix – xii).

2. Pengertian / Definisi Simulasi

  • Menurut (Banks 1998)). Simulasi adalah tiruan dari proses dunia nyata atau sistem. Simulasi menyangkut pembangkitan proses serta penga- matan dari proses untuk menarik kesimpulan dari sistem yang diwakili.
  • Menurut (Nailor (1966) dalam Rubinstein & Melamed (Melamed 1998)). Simulasi adalah tehnik numerik untuk melakukan eksperimen pada komputer, yang melibatkan jenis matematika dan model tertentu yang menjelaskan pri- laku bisnis atau ekonomi pada suatu periode waktu tertentu.
  • Menurut Borowski & Borwein (Borwein 1989) simulasi didefinisikan sebagai berikut, Simulasi adalah tehnik untuk membuat konstruksi model matematika untuk suatu proses atau situasi, dalam rangka menduga secara karakteristik atau menyelesaikan masalah berkaitan dengannya dengan menggunakan model yang diajukan.

3. Pengertian / Definisi Model & Simulasi
Model & Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata, mempelajari bagaimana untuk mensimulasi suatu sistem dengan membangun suatu model matematis yang diusahakan untuk mewakili kenyataan dari sistem sedekat mungkin.
Intinya meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi menggunakan model.

4. Pengertian / Definisi Objek

Obyek adalah bagian terkecil dari suatu sistem yang mempunyai volume sehingga memerlukan lokasi dan mempunyai karakteristik tertentu, berupa data dan metode sebagai kumpulan operasi tertentu (function and procedure) yang membedakan antara tipe obyek satu denagn yang lainnya.

Obyek dapat berubah dan bergerak sesuai keinginannya, selain juga dipengaruhi oleh obyek lain didalam sistem. Dengan adanya metode, obyek akan mempunyai aktifitas sehingga akan mempunyai aksi dan di sisi lain akan dapat memberikan suatu interaksi atas aksi dari obyek lain yang terkait dalam sistem tersebut.

5. Pengertian / Definisi Sistem

Dari Wikipedia : Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

6. Tujuan Mempelajari Mata Kuliah Model & Simulasi
- Menyediakan metoda analisis: meramalkan kinerja sistem.
- Mendukung pengambilan keputusan: prediksi harga saham.
- Terhindar dari risiko.
- Menggunakan cara try-it and see-it
- Menghilangkan faktor emosi(kira-kira) dari pengambilan keputusan dengan menyediakan bukti objektif.
- Melalui kuliah ini diharapkan kita dapat mempelajari suatu sistem dengan memanfaatkan komputer untuk meniru perilaku sistem tersebut.

7. 5 Simulasi Top Dunia

1. Large Hadron Collider (LHC), Mesin Simulasi Leakan Alam semesta,
Para ilmuwan mengembangkan percobaan “Proton Saling Bertumbukan” yang paling besar. Simulasi seperti Big Bang (ledakan besar) alam semesta dari Large Hardron Collider (LHC) berada dalam sebuah terowongan di bawah tanah pada kedalaman 100 meter.

Para ilmuwan ingin membuktikan kebenaran teori Big Bang alam semesta. Pada saat yang sama juga mempunyai harapan memperluas pemahaman tentang asal usul alam semesta, namun ada juga yang khawatir percobaan ini bisa berdampak buruk dengan terciptanya lubang hitam atau black hole kecil, yang akan menyebabkan Bumi ditelan oleh lubang hitam.
Mesin akselerator partikel yang paling besar di dunia “Large Hardron Collider” dari Badan Riset Nuklir Eropa (CERN) secara resmi dioperasikan pada 9 September 2008. Mereka mengadakan percobaan: partikel atom dipercepat hingga mendekati kecepatan cahaya dan dibuat saling bertumbukan, simulasi itu dibuat ibarat bentuk awal terciptanya alam semesta seperti yang di perkiraan dalam teori Big Bang.

2. Simulasi penerbangan (flight simulator) adalah sebuah sistem untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang mendekati kenyataan yang sebenar-benarnya. Perbedaan tipe sebuah simulasi penerbangan dalam permainan komputer adalah ukuran dari kokpit dan dalam akurasi dari citra yang diolah oleh suatu keadaan dari seni teknologi komputer.

Simulasi penerbangan sering digunakan oleh industri penerbangan dan militer untuk melatih pilot, simulasi bencana dan pengembangan sebuah pesawat. Teknik simulasi penerbangan juga digunakan dalam industri luar angkasa sebagai acuan untuk beberapa pekerjaan seperti :

1. pengembangan, pengujian, dan verifikasi sebuah perangkat keras dalam industri ini
2. untuk pengujian dan pengembagan dari perangkat lunak pesawat
3. sebagai pengembangan tampilan baru cokpit untuk meningkatkan kewaspadaan awak pesawat

3. Simulasi Militer / Perang, juga dikenal informal sebagai permainan perang , adalah simulasi di mana teori peperangan dapat diuji dan diperbaiki tanpa perlu permusuhan yang sebenarnya. istilah seperti ini umumnya dianggap mengacu pada , sehingga preferensi untuk simulasi panjang.
Dalam beberapa kali, ruang lingkup simulasi telah melebar untuk memasukkan tidak hanya militer tetapi juga politik dan sosial faktor, yang dipandang sebagai terkait erat terjalin dalam suatu model peperangan yang realistis.

4. Simulasi Gravitasi, adalah suatu sistem komputasi yang dapat digunakan untuk mempelajari mekanika benda langit dengan menggunakan hukum Kepler sebagai dasar komputasinya. Sistem komputasi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti:

* Memperkirakan posisi benda-benda langit di masa yang akan datang
* Membuat rencana perjalanan ke angkasa luar
* Memetakan posisi benda-benda langit

Ada dua hal yang diperlukan membuat sebuah simulator gravitasi yaitu Rumus Fisika dan Ephemeris. Simulator gravitasi dibuat dengan menggunakan bentuk vektor dari Hukum Gravitasi Universal Newton. Karena benda-benda langit tersebar dalam sebuah ruang tiga dimensi, maka arah dari percepatan yang disebabkan oleh massa benda-benda langit lainnya juga perlu dipertimbangkan. Rumus yang digunakan termasuk dalam kategori persamaan differensial.

5. Simulasi tata Surya, Tata surya adalah sistem planet asal dari manusia. Bumi tempat kita tinggal adalah planet ketiga dari sistem planet ini.

Satu-satunya bintang dalam sistem planet ini adalah matahari kita. Matahari adalah sebuah bintang kecil kuning yang diklasifikasikan dengan kelas G2V. Matahari telah berusia 5 milyar tahun dan merupakan bintang generasi kedua.

Dalam simulator ini, Kita bisa melihat secara simulasi bentuk dan jarak dari bintang - bintang dan benda - benda ruang angkasa lainnya.

Sampai disini dulu... Iyuditya...

0 komentar:

Poskan Komentar